Sunday, March 29, 2015

5 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak/Tidak Terbaca

5 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak/Tidak Terbaca - Kartu memori atau yang sering disebut dengan Memory Card/SD Card adalah sebuah alat penyimpanan file yang digunakan untuk ponsel. Kapasitas dari kartu memori sekarang sudah mencapai 64 GB. Jika kita tidak cermat untuk mencegahnya dari kerusakan , maka kartu memori tidak terbaca di ponsel kita. Hal-hal yang menyebabkan kartu memori tidak terbaca / rusak adalah anda sering memindahkan SD Card kita ke tempat lain seperti komputer/ponsel lain. Yang kedua yaitu yang paling fatal jika anda sering meletakkan ponsel kita di area yang bermagnet seperti dekat TV, dll. Ketiga, mungkin HP anda terkena virus , karena sering di hubungkan dengan laptop/komputer yang terinfeksi virus. Dan yang keempat karena kartu memori kotor / berminyak . 

Jika Memori Card  kalian Rusak/Tidak terbaca, silahkan dicoba 5 Cara Memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca dibawah ini:

Cara 1

Keluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kamu sudah mematikan gadget terlebih dahulu. Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok perlahan hingga bersih. Jika yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori lalu periksa apakah sudah terbaca atau belum.

 Cara 2

Masuk ke menu "Setting > Storage" Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.

Cara 3

Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data. Pastikan Android kamu terhubung dalam "Mass storage mode (MSC)", bukan "Media transfer mode (MTP)". Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai. Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum. 

Cara 4


Jika kartu memori terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer namun tetap tidak terbaca di Android. Coba gunakan cara ini: Buat folder baru di HardDisk, beri nama sembarang asal kamu ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi. Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste kan ke dalam folder yang sudah dibuat tadi. Jika sudah yakin terkopi semua, format kartu memori tersebut. Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah di format tadi. Sekarang cek lagi, masih gagal atau tidak.

Cara 5

LEM BIRU ( Lempar Ganti Yang Baru :D ) Ini adalah solusi terakhir jika 4 Cara diatas tidak berhasil. Dan saya jamin Cara ke-5 ini adalah yang paling menjanjikan :))

Oke sekian dulu postingan tentang 5 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak / Tidak Terbaca, Baca juga: Trik Mendapatkan Uang Melalui Android 100% Berhasil !! semoga bisa membantu. Salam BST!!

1 komentar:

  1. numpang nanya gan..kalau drive lokasi memorinya ga kebaca gimana caranya gan??

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar dengan baik dan benar :)
Komentar anda tidak akan di tampilkan jika:
1. Komentar tidak sesuai dengan topik posting
2. Menambahkan Link aktif atau link dalam berkomentar.
3. Nama/Url promosi !! Tidak menggunakan nama sebenarnya.