Monday, February 29, 2016

Trik Mudah dan Lengkap Menghemat Daya Baterai Android

Trik Mudah dan Lengkap Menghemat Daya Baterai Android - Platform android sekarang sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat karena banyak manfaatnya bagi penggunanya. Dengan menggunakan ponsel android, dapat membantu penggunanya untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat di Google Play Store. Namun dalam penggunaanya , hal yang membuat para penggunanya mengeluh salah satunya adalah baterai yang boros. Nah disini Belajar Segala TRIK bakalan memberi tips lengkap cara menghemat baterai Android anda.

otoponsel.info
Dalam menangani masalah ini para pengguna android biasanya memakai Powerbank. Powerbank dibutuhkan oleh seseorang yang sangat membutuhkan ponselnya untuk beraktifitas. Power bank bisa anda dapatkan di konter-konter terdekat ditempat anda. Pilihlah yang kapasitasnya besar untuk menampung dayanya walau sedikit mahal, daripada murah tapi kapasitas untuk menampung dayanya sedikit. Pilih juga yang sesuai dengan merk android anda, seperti Samsung, OPPO, atau merk lain.




TRIK MENGHEMAT DAYA BATERAI ANDROID

  • Matikan Data Internet Saat di Luar Jangkauan Sinyal yang Baik
Tidak stabilnya sinyal internet yang ditangkap oleh ponsel android membuat daya baterai cepat lemah dan panas karena terus mencari sinyal yang terbaik. Ada baiknya jika sedang tidak dibutuhkan atau sedang di luar jangkauan sinyal yang baik untuk ditangkap oleh operator kartu yang anda pakai lebih baik dimatikan dahulu koneksi internetnya. Gunakan Wifi jika memang tersedia, selain lebih berhemat daya juga biasanya Wifi koneksinya lebih cepat dibanding menggunakan seluler.
  • Matikan Bluetooth, GPS, Wifi Saat Tidak Digunakan
Fitur Bluetooth, GPS, dan Wifi sudah hampir pasti ada disemua merk android. Gunakanlah fitur-fitur tersebut saat anda membutuhkannya dan segera mematikannya jika tak terpakai. Karena jika Fitur Wifi dinyalakan maka dia akan terus mencari sinyal Wifi yang ada, sama seperti poin pertama diatas.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Wifi Hotspot di Laptop All Windows

  • Matikan Fitur Sync
Fitur Sinkronisasi pada android membantu kita untuk terus mendapatkan update terbaru dari akun-akun yang kita hubungkan seperti pemberitahuan Google+, Gmail, dll. Bagi kita yang tidak terlalu memerlukannya setiap saat lebih baik memetikan fitur ini untuk menghemat daya baterai. Anda bisa langsung mengecek pemberitahuan melalui aplikasinya. Anda bisa memetikan fitur Sync dengan cara menggeser layar home screen ke bawah dan klik pada sinkron.

  • Atur Kecerahan Layar Ke Level Terendah
Ini sangat berguna bagi anda yang penglihatannya masih baik. Admin juga bernah membaca bahwa kecerahan layar hampir 80% dalam penggunaan daya baterai dan sudah admin cek sendiri ternyata benar. Silahkan anda cek sendiri melalui Rincian penggunaan daya pada menu pengaturan baterai.
  • Atur Waktu Redup Layar ke Level Tercepat
Hampir sama seperti ulasan sebelumnya, waktu redup layar juga sangat mempengaruhi ketahanan daya baterai yang kita gunakan.

  • Ubah Profil ke Mode Diam
Istilah lainnya mungkin mematikan mode dering dan getar pada ponsel android anda. Ini karena dering dan getar sangat sangat menguras daya baterai. Maka dari itu, kurangi juga Volume suara pada musik karena bisa menimbulkan getaran yang besar pula.
  • Perbaharui Aplikasi di Play Store
Aplikasi yang terpasang di Android anda setiap kita membukanya mempunyai kelemahan untuk menguras lebih banyak baterai. Seperti misalnya aplikasi-aplikasi yang membutuhkan koneksi internet seperti Facebook, Clash of Clans, atau Gmail app. Dan gunanya anda memperbaharui aplikasi yang punya versi baru adalah biasanya para pengembang aplikasi tersebut melakukan perbaikan agar menyerap lebih sedikit daya baterai. Namun, kendalanya biasanya adalah memori penuh setiap akan memperbaharui aplikasi. Ini dikarenakan memori RAM yang anda gunakan terlalu sedikit yaitu 512 MB.

BACA: Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di Play Store

  • Mendownload Aplikasi Penghemat Daya Android
Sudah banyak sekali aplikasi yang dirancang untuk menghemat daya baterai android seperti Baterai Doctor, DU Battery Saver, Task Killer, dll. Silahkan anda pilih sendiri yang terbaik buat anda karena fungsi dan cara penggunaan yang hampir sama.

Itulah Trik Mudah dan Lengkap Menghemat Daya Baterai Android yang kadang luput dari perhatian pengguna. BeST berharap semoga tips yang diberikan bisa bermanfaat dan dipraktekkan. 

Doumo Arigatou Gozaimasu !!

2 komentar:

  1. hp saya kadang indikator batrenya suka eror. tadinya tinggal 20% pas baru dicharge langsung nambah signifikan sampai 80 atau 90%. itu batrenya yg sudah rusak atau indikatornya yg ga tepat ya? mohon infonya. trims

    ReplyDelete
  2. banyaknya aplikasi penghemat daya untuk android membuat saya bingung gan. saya sudah install Baterai Doctor, DU Battery Saver sepertinya nggak ngaruh. tapi nggak tau juga ya. mungkin agan tau aplikasi penghemat daya lainnya yang bagus? Saya sudah coba trik di atas tapi baterai tetep cepat habis. apa mungkin karena keseringan di pakai atau karena baterainya memang sudah soak ya

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar dengan baik dan benar :)
Komentar anda tidak akan di tampilkan jika:
1. Komentar tidak sesuai dengan topik posting
2. Menambahkan Link aktif atau link dalam berkomentar.
3. Nama/Url promosi !! Tidak menggunakan nama sebenarnya.